browser wars dan dotcom bubble burst

Senin, 01 Maret 2010

BROWSER WARS

E-Commerce pada dasarnya merupakan suatu kontak transaksi perdagangan antara penjual dan pembeli dengan menggunakan media internet. Jadi proses pemesanan barang dikomunikasikan melalui internet. E-Commerce bisa memberikan kesempatan untuk meningkatkan proses bisnis, seperti telepon, faks dan komunikasi mobile di masa lalu. Namun, seperti alat bisnis baru memiliki risiko yang terkait isu-isu dan begitu juga e-commerce.

Amerika Serikat vs Microsoft adalah seperangkat tindakan konsolidasi sipil diajukan terhadap Microsoft Corporation sesuai dengan Sherman Antitrust Act on May 18, 1998 oleh Amerika Serikat Departement Kehakiman (DOJ) dan 20 negara bagian Amerika Serikat. Joel l. Klien adalah pemimpin jaksa. Pengugat menuduh bahwa Microsoft menyalahgunakan kekuasaan monopoli intel berbasis komputer pribadi dalam menangani system operasi dan web browser penjualan. Netscape dirugikan dalam serangkaian tindakan illegal yang bertujuan mempromosikan Microsoft browser Internet Explorer dengan mengorbankan Netscape Navigator.

Referensi:

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://money.cnn.com/2002/01/22/technology/netscape/index.htm

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.acm.org/ubiquity/views/v4i49_nasir.html

http://en.wikipedia.org/wiki/United_States_v._Microsoft


DOTCOM BUBBLE BURST

Dot-Com bubble burst… apa sebabnya?

“Dot-com bubble” adalah gelembung yang spekulatif yang meliputi kira-kira 1995-2001 (dengan puncaknya pada 10 Maret 2000 dengan NASDAQ memuncak pada 5.132,52) selama pasar saham di negara-negara Barat melihat nilai mereka meningkat dengan cepat dari pertumbuhan di sektor Internet baru dan bidang-bidang terkait. Periode ini ditandai oleh pendiri (dan, dalam banyak kasus, kegagalan spektakuler) dari kelompok baru perusahaan-perusahaan berbasis Internet sering disebut sebagai dot-com. Kombinasi dengan cepat meningkatkan harga saham, spekulasi perseorangan dalam saham, dan modal ventura tersedia secara luas menciptakan lingkungan bersemangat. Ledakan dot-com gelembung menandai awal yang relative ringan namun agak lama awal 2000-an resesi di negara maju.

Awal start-up dioperasikan dengan kerugian jangka pendek rencana bisbis, bersikeras bahwa dengan meraih pangsa pasar dan mendominasi sektor- sektor khusus, kemudian bisa bertanggung jawab atas apa yang mereka inginkan di kemudian hari. Motto yang digunakan adalah “get big fast”. Fisik gelembung pecah pada 10 Maret 2000 karena peningkatan suku bunga di Amerika Serikat sehingga memicu reaksi berantai investor melikuidasi saham mereka.

Referensi:

http://www.wisegeek.com/what-was-the-dot-com-bubble.htm

http://www.justsearching.co.uk/JustBlog/why-did-the-dotcom-bubble-burst.html

http://encyclopedia.thefreedictionary.com/dot+bomb


0 komentar: